tips jendela
Uncategorized

10 Tips Penataan Jendela Untuk Memperindah Ruangan

Jendela merupakan salah satu elemen pembentuk wajah/muka sebuah bangunan. Kehadiran jendela dapat mempengaruhi persepsi orang akan tampilan luar pada rumah anda.

Bahkan di setiap ruangan dalam rumah anda bisa memiliki nilai tambah hanya dengan menghadirkan jendela-jendela yang cantik di dalamnya.

Melalui sebuah jendela akan terciptalah pemandangan yang indah dari luar rumah anda.

Berikut ini adalah beberapa tips penataan jendela yang bisa anda lakukan untuk memperindah interior ruangan rumah minimalis anda.

tips penataan jendela

Tips Penataan Jendela Terbaik Untuk Ruangan yang Lebih Segar

1. Sumber Pencahayaan Alami

Sinar matahari merupakan sumber pencahayaan alami yang sebaiknya dapat dengan mudah disebarkan secara menyeluruh ke setiap ruangan.

Tidak hanya berdampak sebagai sumber pencahayaan alami pada ruangan semata akan tetapi sinar matahari juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh dan pikiran manusia.

Jadi jika memungkinkan usahakan agar di setiap ruangan memiliki jendela sebagai sumber pencahayaan alami.

2. Pemilihan Jendela

Jika sebuah ruangan memiliki plafon yang tinggi maka pilihlah jendela dengan dimensi/ukuran yang tinggi atau bisa juga menempatkan jendela bertingkat seperti yang biasa digunakan pada atrium dan foyer bertingkat.

Namun jika anda memiliki ruangan yang lebih kecil, anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari yakni dengan menempatkan jendela pada posisi yang lebih rendah/dekat dari lantai.

3. Pemilihan View (Pemandangan)

Jendela memiliki arti yang lebih ketimbang hanya sebagai bukaan pada dinding bangunan. Sebuah jendela akan menangkap pemandangan dari luar dan menyajikannya ke dalam (interior) rumah anda.

Oleh sebab itu dalam tahapan perencanaan awal saat membangun rumah, anda dan arsitek bisa memilih dan menentukan sudut pandang manakah yang memiliki view terbaik.

Sudut pandang terbaik itulah yang seharusnya bisa diolah lebih lanjut dalam perancangan denah rumah. Jendela akan ditempatkan pada posisi yang mampu menghadirkan view yang terbaik di lingkungan tersebut.

penataan view

4. Penggunaan Skylights

Pemasangan skylights pada atap rumah merupakan sebuah cara yang menarik untuk menghadirkan pencahayaan alami ke dalam ruangan.

Skylights terbuat dari material tembus pandang yang mampu meneruskan cahaya dari luar seperti kaca, mika, dan fiber.

Beberapa variasi jenis skylight ada yang bisa dibuka dan ditutup menyerupai fungsi jendela untuk sirkulasi udara. Dengan kata lain pemasangan skylight juga merupakan sebuah solusi jika pengadaan jendela pada suatu ruang terkendala oleh keterbatasan tempat (ruang).

5. Pengaturan Tingkat Privasi

Kamar mandi merupakan tempat yang memiliki tingkat privasi tertinggi. Namun demikian kamar mandi memerlukan pencahayaan yang cukup untuk mengurangi tingkat kelembabannya.

Penggunaan glass block umum digunakan sebagai ventilasi di kamar mandi. Glass block mampu mengaburkan pandangan namun tetap dapat meneruskan pencahayaan dari luar.

6. Jendela Clerestory

Jendela clerestory adalah jendela-jendela kecil (ventilasi) yang ditempatkan pada bagian atas dinding.

Pada beberapa rumah mungkin memanfaatkan sebagian besar area dinding untuk fungsi yang lain misalnya untuk menggantung karya seni atau sebagai privasi sehingga keberadaan jendela yang berukuran besar dirasakan tidak memungkinkan untuk ditempatkan di dinding tersebut.

Namun anda tetap dapat mengarahkan sinar matahari memasuki ruangan dengan menempatkan jendela-jendela clerestory tersebut.

jendela clerestory

7. Penataan Jendela Pada Bangunan

Penerangan alami sinar matahari melalui jendela rumah dapat menghemat pemakaian listrik akan tetapi panas yang terlalu berlebihan justru akan membuat ketidaknyamanan.

Rumah di daerah beriklim tropis akan menerima banyak sinar matahari di sisi sebelah timur dan barat. Sedangkan sisi utara dan selatan menerima panas sinar matahari yang lebih sedikit.

Bukaan di sebelah barat dan timur sebaiknya dihindari untuk meminimalisir panas. Buatlah bukaan yang lebar untuk sisi utara dan selatan.

Bukaan di sebelah timur masih bisa ditoleransi karena sinar matahari pagi tidak terlalu panas dan menyehatkan.

8. Gunakan Variasi Bentuk dan Ukuran Jendela

Tidak ada aturan khusus dalam memilih bentuk dan ukuran jendela. Mulai dari bentuk jendela kotak maupun lengkung, sebenarnya anda bisa bebas menentukan pilihan sesuai selera.

Biasanya para arsitek akan lebih menyukai untuk menempatkan jendela berukuran besar pada void di dekat tangga karena akan menghasilkan view yang spektakuler.

9. Penggunaan Pelapis Kaca Film

Pertimbangkan untuk menggunakan dengan pelapis kaca film pada jendela sehingga mampu menghalau sinar ultraviolet yang membahayakan masuk ke dalam rumah.

Sinar Ultraviolet selain membahayakan bagi tubuh juga dapat memudarkan furnitur di dalam rumah.

Penggunaan pelapis kaca juga mampu menghemat energi karena mampu mengurangi panas sinar matahari, meringankan kinerja pendingin udara (AC) sehingga berdampak pada penghematan listrik sampai dengan lima persen.

10. Jendela Adalah Karya Seni

Pemandangan alam merupakan karya seni terbaik persembahan dari Tuhan untuk rumah anda. Jadi cobalah sekali-kali anda tengok ke luar rumah.

Melihat dan mengamati bagian dan sudut pandang terbaik di luar rumah yang bisa anda pilih sebagai view pilihan untuk melengkapi interior ruangan.

Sebuah dapur yang sederhana dan minim ornamen interior misalnya, lebih terlihat menarik dengan tambahan jendela yang menampilkan pemandangan kebun cantik di belakang rumah.

jendela minimalis

Baca Juga: Rekemondasi Pisau Dapur Set Untuk Melengkapi Dapur Anda

Terimakasih sudah membaca artikel tips penataan jendela untuk memperindah ruangan, semoga menambah wawasan Anda dan jangan lupa bagikan artikel ini ke kerabat Anda. Terimakasih!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *