Perabotan Rumah Tangga

Pisau Berburu

Pisau Terbaik Untuk Berburu Sampai Kegiatan Survival

Pisau berburu sudah ada sejak zaman kuno. Biasa digunakan untuk berburu hewan dengan tujuan mencari daging untuk dikonsumsi karena zaman dahulu belum ada pasar dan uang.

Selama berabad-abad hal praktis mendasar bagi manusia berangsur berubah mengikuti perkembangan zaman, tetapi pisau berburu cenderung sama pada dasarnya.

Selain mengalami perubahan proses produksi dan material bahan, pisau berburu masih disiapkan untuk ritual mencari mangsa di alam dan digunakan proses menyiapkan hidangan.

Daridulu pisau ini digunakan untuk memotong tali, memperbaiki barang yang rusak, mengukir, membuat jebakan untuk mengikat hewan, memotong kayu bakar sampai digunakan untuk pertahanan diri.

Dari fungsinya saja pisau berburu dituntut untuk memiliki kekuatan seperti pisau daging, menguliti hewan secermat pisau boning, sampai pertahanan terbaik seperti pisau taktikal kombat.

Tips Memilih Pisau Berburu

1. Pisau Tetap vs Pisau Lipat

Pisau Berburu Lipat

Pisau tetap atau dalam Bahasa Inggris Fixed Blade adalah lawan dari pisau lipat atau Folding KnifeSudah jelas sekali perbedaannya mana yang bisa dilipat mana yang tidak.

Keunggulan pisau tetap adalah struktur pisau yang lebih kuat dan tidak mudah patah karena bilahnya full memanjang dipasang dan ditahan dengan handel/gagang pisau.

Memang pisau ini tidak sepraktis pisau lipat karena butuh keamanan lebih seperti harus dilengkapi dengan sarung penutup dan harus diikat atau dipasang di sabuk dan sedikit memungkinkan untuk bisa disimpan di dalam saku.

Kalau memang Anda petualang sejati biasanya tak mengapa membawa dua jenis pisau tetap ditemani pisau lipat adalah keniscayaan yang baik.

2. Bahan Pisau

Pisau Berburu Karbon

Banyak perbedebatan tentang baja karbon dan stainless steel padahal kegunaan dan posisi mereka digunakan dimana sangat menentukan performa kedua bahan pisau ini.

Perbedaan baja karbon dan stainless steel adalah:

  • Baja karbon lebih kuat dan awet dari stainless steel.
  • Baja karbon lebih mudah diasah dari stainless steel.
  • Stainless steel tidak mudah berkarat dibanding baja karbon.
  • Bahan baja karbon cocok digunakan di lingkungan kering sedangkan stainless steel di lingkungan basah.

3. Ukuran

Ukuran pisau yang kecil membuat kreasi kita terbatas karena tidak dapat melakukan pekerjaan berat seperti Batoning; teknik memotong pisau menggunakan kayu dengan cara menancapkan pisau ke sebuah kayu lalu memukul punggung pisau dengan kayu.

Bila kita membawa pisau yang besar, tentu menguras penyimpanan tetapi kita bisa lebih leluasa untuk memotong daging, memasak, sampai memperbaiki sesuatu.

4. Tang

Jenis Pisau Berburu

Pisau full tang lebih kuat dibandingkan pisau yang memiliki tang sebagian.

Tang adalah bagian pisau yang tidak terpotong yang menghubungkan ujung pisau ke pegangan. Tang sangat penting untuk keseimbangan, berat, stabilitas, dan kekuatan pisau secara keseluruhan.

Pisau terbaik sering dianggap sebagai pisau dengan ‘tang penuh’, pisau yang membentang dari ujung pisau hingga ke ujungnya. Dalam beberapa desain, tang juga berfungsi sebagai pegangan.

5. Mata Pisau Berburu

Mata Pisau Berburu

Ada empat jenis mata pisau berburu pada umumnya. Empat mata tersebut adalah:

  • Mata Pisau Menurun (Drop Point)
  • Mata Pisau Jepit (Clip Point)
  • Mata Pisau Tombak (Spear Point)
  • Mata Pisau Tanto.

Drop Point

Paling banyak direkomendasikan untuk pisau berburu. Pada drop point, bagian belakang bilah lurus untuk sebagian besar kemudian secara bertahap miring ke titik.

Tepi yang dipertajam melengkung ke atas dalam kurva lebar, memenuhi titik di area tepat di atas pusat mata pisau. Ini menghasilkan ujung yang melebar sangat kuat dan serbaguna.

Clip Point

Clip Point memiliki cekungan dari bagian belakang mata pisau ke titik. Tergantung pada seberapa dalam tukikan dan sempitnya titik tersebut akan menentukan kekuatan ujung pisau itu sendiri.

Ujung pisau yang lebih lebar akan lebih kuat dari ujung yang lebih sempit. Namun, ujung Clip umumnya lebih lemah daripada ujung Drop atau ujung tombak.

Dengan titik yang sempit, ia membuat tusukan yang cepat dan dalam. Jenis mata pisau ini sangat efektif dengan gerakan menusuk. (Jenis titik ini dikenali dari pisau Bowie.)

Spear Point

Ini adalah bilah bermata dua dengan ujung atas dan bawah bertemu di titik di tengah bilah. Pisau tombak paling sering digunakan pada pisau lempar, pisau tempur dan pisau laut.

Pisau ini bagus untuk menusuk dan mengiris. Memiliki pisau bermata dua dapat menjadi kelemahan bagi pisau survival (pertahanan hidup) karena dapat membatasi kemungkinan penggunaan pisau.

Tanto Point

Ujung bilah terdiri dari dua titik berbentuk miring seperti pahat. Ini dimodelkan setelah ujung pedang Jepang. Pisau ini digunakan untuk tugas militer, darurat dan penyelamatan.

Pisau tanto point juga digunakan pada pisau perkelahian dan berguna untuk menembus bahan keras. Dengan dua tepi miring, ini mungkin lebih sulit untuk diasah.

Baca Juga: Pisau Asli Indonesia yang Mendunia, Karambit

Sudah paham dan menemukan jenis pisau yang cocok untuk berburu atau kegiatan survival di alam bebas, saatnya menyimak rekomendasi pisau berburu dari kami.

Rekomendasi Pisau Berburu Terbaik

1. Xiaomi HuoHou

Pisau Berburu Lipat

Sebagai pembuka rekomendasi pisau berburu edisi kali ini.

Xiaomi HuoHou Pisau multifungsi lipat portabel stainless steel obeng, tang untuk outdoor berkemah, berburu, Sebagian besar alat secara keseluruhan dengan finishing dof.

Pisau utama dan gergaji kayu digunakan untuk pemrosesan/pemotongan yang cerdas untuk meningkatkan ketajaman, sementara semua sekrup dan kait diproses dengan cerdas untuk meningkatkan kontras secara keseluruhan.

Dibuat dengan bahan Baja Paduan 50Cr15MoV, 420J2, Martensitic Steel, stainless steel 30Cr13, Manik-manik Keramik Nano. Pisau ini memiliki bobot seberat 200g dan besar ukuran 110/40 mm.

15 Fungsi: Plier hidung-jarum / Plier Standar / Pemotong Kawat / Kawat Keras Plier / Plier Kawat Tebal / Gergaji Kayu / Pisau Utama / Phillips Sekrup / Tali Pisau / Pengupasan Pisau Panjang / Pembuka Botol / Pembuka Botol / Obeng Slotted / Kaca Impactor / Gunting Besar 294.

Dibekali dengan fungsi dan fitur yang begitu lengkap, pisau ini dibanderol dengan harga Rp432.000,00* di blibli.com

2. C9cr18 Camping Outdoor Folding Hunting Knives Karambit CS go

Pisau ini memiliki model karambit dengan ukuran yang kecil bisa dilipat dan bermaterial stainless steel sehingga awet dan tahan karat.

Dengan model dan desain yang sederhana pisau ini cocok untuk berkemah atau kegiatan survival di alam bebas.

Pisau ini dibanderol dengan harga Rp454.900,00* di Tokopedia.

3. EIGER P319

Eiger adalah perusahaan retail terbesar kebanggan Indonesia, belum lengkap rasanya kalau belum punya barang survival dan kegiatan di alam bebas lainnya dari produksi  Eiger.

Eiger P319 adalah jenis pisau lipat yang kuat dan awet serta memungkinkan untuk menghemat penyimpanan.

Praktis dan ergonomis menjadi daya tarik sendiri untuk memiliki pisau ini. Dengan menggelontorkan uang sebesar Rp159.000,00* Anda bisa memiliki pisau keren ini.

4. Knife Muela Outdoor ABS Black 160mm

Pisau universal dengan model pisau tetap dari perusahaan Spanyol Muela. Mata pisau solid ini dapat digunakan dalam semua jenis pekerjaan, dalam semua kondisi tanpa rusak. Pisau ini akan sangat baik untuk perjalanan ke luar kota juga untuk berkemah, dan akan berfungsi sebagai pisau bertahan hidup dan berburu.

Mata Pisau dengan profil Clip Point 3,6 milimeter yang dimodifikasi. Terbuat dari stainless steel 420H dengan peningkatan kandungan karbon dan kekuatan impak tinggi, mengeras di kisaran 54-58 HRC.

Pisau ditutupi dengan lapisan Satin Finish (semi-matte) yang tidak refleksif yang menghilangkan silau. Mata pisau halus (tipe Polos), berasal dari cekung bermata (gerinda berongga) memastikan sifat pemotongan yang baik. Baja di kedua sisi bilah, melindungi tangan agar tidak tergelincir saat menggunakannya.

Gagangnya dilengkapi kelongsong plastik ABS knurled warna hitam, dilapisi dengan kepala baja berlapis emas. Pegangan yang ditujukan memberikan pegangan yang aman dan hemat.

Pisau sangat pas di tangan Anda, tidak tergelincir. Pisau memungkinkan Anda melakukan gerakan yang tepat dalam segala kondisi.

Kasing kulit hitam. Diikat dengan kancing, memungkinkan membawa pisau dengan aman. Sarung dijahit di bagian tepi dengan benang hias. Dengan logo Muela Company yang diembos. Sarung memiliki ikatan sabuk untuk membawa pisau dalam posisi vertikal.

Pisau berburu elegan dengan kualitas nomor wahid ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp413.000,00*

5. Knifezer Buck Elf Hunting Knife [BUCK076]

Pisau berburu dengan material Stainless 56 HCR berukuran 18cm ini memiliki desain yang elegan.

Dianugerahi gagang berbahan kayu serta sarung penyimpanan berbahan kain karena ini tipe fixed blade. Menjadikan pisau ini cocok dan gagah untuk menjadi peralatan berburu.

Untuk Anda yang hobi berburu, tidak mahal mengeluarkan uang Rp118.000,00* untuk memiliki pisau ini.

6. Arei Outdoorgear Venom Knife Hiking & Camping

Pisau ini dibuat dengan bahan stainless steel dan memiliki panjang 21cm dan ketika terlipat 12cm.

Desain yang mudah dan praktis memang sangat cocok untuk kamu yang hobi melakukan kegiatan survival, camping, dan hiking.

Dengan fitur standar dan praktis pisau ini dilabeli harga Rp125.000,00*

7. Armor Military Knife Scorpion Hunting

Armor Military Knife Scorpion Hunting Pisau Outdoor adalah pisau berbahan stainless yang kuat, sehingga cocok untuk survival di hutan.

Sudah terdapat sarung / case pisau yang tebal sehingga mempermudah dalam menyimpan atau membawa pisau kemana saja.

Pisau ini sangat kuat dan tajam, tak rugi bila Anda menebusnya dengan harga Rp250.000,00*

8. Columbia A15

Pisau Sangkur

Memiliki panjang bilah 16cm menjadikan pisau ini sangat cocok untuk hiking; kegiatan pendakian.

Mampu melindungi dalam keadaan darurat karena sangat tajam.

Yang paling terpenting pisau ini dilengkapi dengan sarung pengaman.

Bila Anda memiliki budget minimalis, terberkahilah Anda karena pisau ini dibanderol dengan harga Rp72.000,00* di tokopedia.

9. KRISBOW – Foldable Wood Handle Knife

Bila kita berkunjung ke pusat perbelanjaan, brand Krisbow sudah tidak asing lagi dan kita mengetahuinya dengan kualitas produk yang dibuat.

Dengan gagang kayu yang nyaman dipegang serta bisa lipat agar memudahkan untuk disimpan di dalam saku maupun tas.

Pisau ini menjadi sangat berguna apabila menemani kegiatan survival Anda.

Dibanderol dengan harga Rp118.000,00* menjadikan penawaran menarik untuk memiliki pisau ini.

10. Columbia G17

Pisau Berburu Colombia

Pisau ini sangat populer dalam kalangan komunitas berburu.

Dikenal sangat tajam, tahan lama, serta kuat, menjadikan pisau ini primadona kegiatan berburu.

Pisau ini cukup murah hanya dengan merogoh kocek Rp108.000,00* Anda bisa memilikinya.

Sudah kami ulas secara lengkap dan mendalam tentang rekomendasi pisau berburu yang sudah tertera harganya supaya bisa menyesuaikan kantong Anda.

Baca Juga: Jenis Pisau Daging dan Rekomendasi Produknya

Kesimpulan

Pisau berburu sangat penting saat Anda keluar di alam liar.

Pertama, ini membantu Anda dengan praktik berburu Anda.
Kedua, akan selalu ada di sana untuk perlindungan terhadap semua bahaya liar yang tidak diundang.

Sementara, ada ratusan pisau berburu yang bisa Anda pilih, di artikel ini kami mengingat kebutuhan utama para pemburu. Menimbang bahwa hanya kami yang membuat daftar jenis pisau berburu yang berbeda ini.

Kami berharap artikel rekomendasi pisau berburu ini membantu Anda memilih yang Anda bawa untuk petualangan Anda berikutnya.

Juga, jika ini bermanfaat bagi Anda, bagikan dengan teman-teman berburu Anda.

Sudah diulas secara lengkap semua rekomendasi pisau berburu dari kami, dan untuk berburu atau kegiatan di alam bebas lainnya apabila Anda tidak sering melakukannya Xiaomi HouHou kami rasa lebih dari cukup untuk Anda miliki karena kepraktisan dan fitur lengkap yang dimilikinya.

Pisau tersebut kami jamin akan memudahkan Anda bila melakukan pemburuan sampai berkemah, itu saja rekomendasi dari kami. Terimakasih sudah membaca!

Keterangan:
*) Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *