Jenis Pisau
Perabotan Rumah Tangga

Jenis Pisau

Ketahui Pisau Dapur Apa Saja Yang Wajib Kamu Punya

Mengetahui berbagai macam hal apapun sebelum menggunakan atau membeli bagi kami menjadi hal mutlak yang harus dimiliki.

Ini berguna untuk menghindari kesalahan sampai kecelakaan. Disisi lain kita bisa menghemat pengeluaran dan menabungnya untuk masa depan.

Pisau dapur memiliki berbagai macam ragam bentuk yang mengikuti fungsinya. Seperti pisau untuk memotong daging berbeda dengan pisau untuk mendekor makanan.

Oleh karena itu, baik untuk Anda mengetahui apa saja jenis pisau dapur yang sering digunakan oleh koki rumahan maupun koki profesional.

Jenis Pisau Dapur

Jenis Pisau Dapur

Berikut mengenai ulasan lengkap apa saja pisau dapur yang biasa digunakan, bentuk bilah pisau dapur, dan yang terpenting adalah digunakan untuk apa pisau tersebut.

1. Pisau Chef atau Pisau Koki

Pisau Chef

Pisau koki atau pisau chef ini adalah barang yang harus dimiliki oleh satu set pisau dan semua orang di dapur.

Panjang pisau chef sekitar 15cm sampai 30cm, apabila lebih panjang bisa sangat handal untuk memotong lebih cepat. Jika Anda memiliki ukuran tangan yang kecil, pisau yang lebih pendek lebih mudah Anda gunakan.

Pisau yang baik biasanya berbentuk melengkung ke depan hingga meruncing sampai bertemu suatu titik, bentuk seperti itu sangat memudahkan untuk memotong dengan gerakan berayun supaya lebih cepat.

Mengapa pisau chef ini barang wajib yang harus dimiliki di dapur? karena pisau ini dapat menyelesaikan tugas yang banyak, seperti memotong buah-buahan menjadi bentuk dadu, memotong sayur, sampai memotong irisan daging steak.

2. Pisau Pengupas

Gambar Pisau untuk Mengupas

Pisau kecil ini sangat krusial sekali untuk dimiliki, dikarenakan pisau ini bisa disebut sebagi pisau pembuka jalan.

Jika Anda ingin memasak hidangan tertentu, Anda diharuskan untuk mengupas sebuah bahan makanan seperti buah-buahan, sayuran, sampai memotong lemak.

Dengan bilah yang terlalu panjang hanya 7cm sampai 15cm tapi pisau ini diberkahi ujung yang sangat runcing menjadikannya sangat presisi dan mudah untuk mengupas bahan makanan.

Bentuk titik pisau yang bermacam-macam, ada beberapa jenis gaya dari pisau pengupas ini seperti titik tombak, kaki domba, dan parung. Dinamai sesuai dengan bentuk titik si pisau.

3. Pisau Boning

Gambar Pisau Boning

Boning atau memisahkan daging dari tulang, seperti itulah cara kerja pisau ini.

Pisau ini juga bisa digunakan untuk memfillet ikan, memotong daging, sampai sayuran.

Panjang pisau boning ini 7cm sampai 20cm dengan lebar bilah pisau yang beragam seperti flexi, semi flexi, dan kaku.

Variasi lebar yang kaku menjadi sangat populer untuk koki rumahan yang membuat performa memotong bisa presisi dan lebih cepat.

Vegetarian pun tak luput dari daya magis pisau boning ini karena ujungnya yang mampu mengupas dan memotong sayuran serta buah-buahan dengan baik.

4. Pisau Fillet

Gambar Pisau FIllet

Fillet ikan adalah memisahkan tulang atau masyarakat Indonesia biasanya menyebutnya duri ikan dengan daging dan sisiknya, adapula yang dipisahkan dengan kulitnya.

Pisau fillet ini terlihat hampir mirip dengan pisau boning. Namun, ada perbedaan signifikan diantara kedua pisau ini.

Jika pisau boning digunakan untuk memisahkan daging dari tulang, tentu lebih tebal, lebih berat, dan memiliki daya tahan yang kuat. Sedangkan pisau fillet digunakan untuk mengiris ikan, struktur pisaunya lebih tipis dan lebih fleksibel.

Perbedaan yang tidak begitu mencolok membuat pisau ini bisa digabungkan keduanya, maka dari itu muncul sebuah pisau boning fillet.

Untuk seorang profesional sashimi dan profesional ayam boning, tentu bisa melihat perbedaan diantara keduanya, tapi pisau ini cukup untuk memasak masakan rumahan.

5. Pisau Serbaguna

Gambar Pisau Utilitas

Hampir mirip sekilas dengan pisau koki atau pisau chef , panjang pisau bisa ini umumnya sekitar 10cm sampai 17cm.

Bentuk pisau ini bisa lurus dan bergerigi dan pisau ini bisa menggantikan pisau chef  apabila untuk memotong daging, sayuran, atau buah-buahan yang lebih kecil.

Pisau serbaguna biasanya memiliki ujung yang bergerigi untuk fleksibilitas dalam memotong makanan, baik juga untuk memotong sayuran yang lunak maupun yang keras.

6. Pisau Santoku

Pisau Santoku dari merek Victorinox adalah contoh pisau Jepang dengan gaya barat. Santoku sendiri memiliki arti ‘Tiga Kebajikan’, apabila diurai yaitu mengiris, mencincang, dan dicing atau memotong dengan bentuk kotak seperti dadu.

Pisau Santoku umumnya lebih pendek dan lebih tipis dari pisau koki. Pisau ini berbentuk rata sehingga tidak membuat talenan bergoyang dan pisau ini baik digunakan untuk memotong sayuran yang ‘kurus’.

Dilihat di gambar, memang pisau ini memiliki cekungan seperti lubang di ujung mata pisaunya membuat performa lebih presisi dan lebih cepat untuk memotong dan sangat baik untuk digunakan memotong daging serta bahan lengket lainnya.

Pisau ini juga memiliki julukan pisau serbaguna yang digunakan oleh pisau koki khas. Dan beberapa koki menggantikan pisau koki dengan pisau Santoku ini, terutama bagi yang memiliki tangan lembut oleh karena itu lebih memilih pisau ringan dan lebih kecil.

7. Pisau Nakiri Bocho

Pisau Nakiri Bocho adalah pisau dengan sentuhan gaya Jepang yang sebagian besar digunakan untuk memotong sayur-sayuran. Fitur pisau ini tipis dan melebar.

Kegunaannya untuk memotong sayuran, pisau ini memiliki bentuk yang panjang dan sangat baik digunakan untuk memotong sesuai selera sang koki dari tebal sampai yang tipis.

8. Pisau Steak

Pisau steak umumnya tidak digunakan hanya untuk memotong daging steak, pisau ini juga biasa digunakan di meja makan untuk memotong dan mengiris makanan (terutama yang dimasak) seperti, salad, ikan, dan untuk mengoles mentega di permukaan makanan.

Biasanya pisau ini tidak terlalu panjang ukurannya, ada juga pisau steak yang memiliki mata bergerigi karena lebih tahan lama berada di meja makan sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengasah dan manajamkannya.

9. Pisau Roti

Gambar Pisau Roti

Dibuat sebagian besar untuk memotong roti dengan panjang rata-rata sekitar 17cm sampai 25com, yang memiliki mata pisau yang bergerigi sempit dan giginya sepanjang mata pisau tersebut.

Pisau ini dirancang untuk menggergaji roti tanpa perlu menekan kebawah sampai meremasnya.

Tapi tidak hanya dibuat untuk memotong roti dan kue tetapi pisau ini juga piawai untuk memotong daging dan makanan laut.

10. Golok

Gambar Golok Dapur

Golok biasanya pisau paling tebal dan berat yang ada di dapur.

Golok memiliki punggung yang tebal dan kuat dan mata pisaunya mengikuti kekuatan tersebut, sehingga sangat memungkinkannya untuk memotong daging, tulang, buah-buahan seperti labu dengan gerakan ayunan memotong yang kuat.

11. Gunting Dapur

Gunting Dapur

Gunting memang alat serbaguna dan praktis, biasanya kita gunakan alat ini di kantor. Di dapur alat ini cukup baik untuk diandalkan.

Gunting dapur memiliki bilah yang bermacam-macam untuk menghasilkan pola potongan yang dinginkan.

Beberapa gunting memang dirancang untuk memotong dengan cepat seperti daun bawang dan bumbu-bumbu dapur lainnya.

Namun bila sebuah gunting memiliki bilah yang lebih tipis dan lebih lemah, perlu upaya ekstra untuk menajamkan matanya.

12. Pengupas

Alat Pengupas

Memiliki sebilah logam tajam yang melekat pada gagang, biasanya pengupas ini digunakan untuk menguliti bagian terluar sayuran seperti wortel dan kentang serta kulit buah-buahan apel dan pir.

Dirancang dengan grip tangkai seperti itu membuat alat ini menjadi primadona di dapur karena sangat memudahkan proses pengupasan sayuran dan buah-buahan.

Sudah kami jelaskan 12 macam-macam pisau dan kelengkapan lainnya yang ada di dapur, baik memiliki semuanya tapi untuk membelinya tentu kamu jangan impulsif kalau kamu tidak menggunakannya, tetap berpikir sesuai kebutuhan dan tahu mana yang menjadi prioritasmu.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Pisau Damaskus

Pisau Dapur Yang Wajib Kamu Punya

Semua jenis pisau dapur tentu memiliki kegunaan tersendiri. Tetapi berikut rekomendasi dari kami, pisau dapur yang wajib kamu miliki di dapur kesayanganmu, diantaranya adalah:

  1. Pisau Koki atau Pisau Chef
  2. Pisau Serbaguna
  3. Pisau Santoku
  4. Gunting Dapur

Pisau Dapur Yang Baik Jika Kamu Miliki Juga

Sudah kami rekomendasikan pisau dapur yang wajib kamu miliki, pisau ini juga tidak kalah bergunanya lo.

  1. Pisau Pengupas
  2. Pisau Boning
  3. Pisau Fillet
  4. Pisau Nakiri Bocho
  5. Pisau Steak
  6. Pisau Roti
  7. Golok
  8. Pengupas

Itu tadi rekomendasi berbagai macam jenis pisau dapur yang wajib diketahui sebelum kamu membeli pisau dapur set terbaik yang kamu perlukan dan apa saja pisau dapur set.

Baca Juga: Rekomendasi Pisau Dapur Set Terbaik

Kesimpulan

Setelah mengetahui jenis pisau dapur, ini saat yang tepat bila kamu ingin melengkapi isi dapurmu dengan pisau dapur set yang sudah kami rekomendasikan, klik link petunjuk diatas.

Ini berlaku jika kamu tidak menyukai roti tentu kamu tidak memperlukan untuk membeli pisau roti, tapi tidak salah jika kamu mempunyainya karena sudah satu set dengan pisau dapur merek kesukaanmu.

Nah, bagaimana sudah tau kan apa saja jenis pisau dapur dan hal apa yang kamu perhatikan sebelum membeli pisau dapur set.

Mulai dari melihat keperluan, makanan kesukaanmu, kebutuhan rumah, dan harga selalu menjadi pertimbangan sebelum membeli sesuatu agar tidak menyesal di kemudian hari.

Terimakasih sudah membaca artikel dari rekomendasisaya.com bagikan artikel ini ke temanmu ya!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *